PENGUMUMAN :
01Oct

Kinerja Badan Usaha Pelabuhan BP Batam selama periode Januari-September 2024 menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan periode yang sama di tahun 2023.

Pelabuhan Barang

Dari sisi kunjungan kapal, terjadi peningkatan sebesar 15%, dari 20.538 call pada 2023 menjadi 23.571 call pada 2024. Terminal yang mencatat peningkatan signifikan adalah Terminal Batu Ampar dengan lonjakan 47%, serta Terminal Umum Sarana Citra Kabil yang mengalami kenaikan 23%. Peningkatan kunjungan kapal di Terminal Batu Ampar didorong oleh transformasi terminal ini menjadi Terminal Peti Kemas dengan modernisasi alat bongkar muat dan peningkatan proses bisnis kepelabuhanan.

“Dari capaian Januari-September 2024, kita bisa melihat semakin banyak kapal yang berlabuh di perairan dan terminal Pelabuhan Barang Batam dalam wilayah kerja BP Batam. Ini adalah bukti bahwa Pelabuhan Batam terus diandalkan sebagai gerbang penting untuk arus barang domestik maupun internasional,” ujar Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar.

Dari sisi aktivitas bongkar muat peti kemas, Pelabuhan Batam mencatat peningkatan sebesar 8%, dari 459.042 TEUs di 2023 menjadi 493.483 TEUs di 2024. Peningkatan ini terutama didominasi oleh Terminal Batu Ampar yang mencatatkan kenaikan sebesar 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari segi perdagangan, volume ekspor peti kemas mencapai 181.720 TEUs, meningkat sebesar 9% dibandingkan Januari-September 2023. Untuk kegiatan domestik, volume bongkar peti kemas mencatat kenaikan 13%, dengan 68.874 TEUs yang diangkut selama periode ini.

Untuk bongkar muat kargo umum (general cargo), total volume Januari-September 2023 mencapai 6.813.127 ton, naik 2% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023. Kenaikan ini dipicu oleh peningkatan ekspor sebesar 32%, sementara kegiatan bongkar mencatat kenaikan 7%.

Pelabuhan Penumpang

    Kinerja Pelabuhan Penumpang BP Batam juga menunjukkan performa yang positif sepanjang periode Januari-September 2024. Kunjungan kapal penumpang naik sebesar 4%, dari 49.106 call pada 2023 menjadi 50.868 call pada 2024.

    Dari segi pelabuhan internasional, Terminal Ferry Internasional Sekupang mencatat peningkatan tertinggi dengan kenaikan 10%, dari 3.554 call pada 2023 menjadi 3.899 call pada 2024. Sementara itu, untuk rute domestik, Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur mengalami peningkatan tertinggi sebesar 8%, dari 10.893 call pada periode Januari-September 2023 menjadi 11.785 call di periode yang sama tahun 2024.

    Dari sisi jumlah penumpang, terdapat peningkatan sebesar 7%, dengan total 6,4 juta penumpang yang terdiri dari 3,5 juta penumpang internasional dan 2,9 juta penumpang domestik.

    Pada Terminal Ferry Internasional, peningkatan tertinggi tercatat di Terminal Ferry Internasional Batam Center dengan kenaikan 7% atau sekitar 2 juta penumpang. Sedangkan di Terminal Ferry Domestik, Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur mengalami kenaikan tertinggi sebesar 5%, dengan total 1,4 juta penumpang.

    “Meningkatnya kunjungan kapal di Pelabuhan Batam, baik di Pelabuhan Barang maupun Pelabuhan Penumpang, menjadi indikator positif perkembangan ekonomi Batam, karena semakin banyak kapal yang melewati perairan Batam untuk mengangkut barang dan penumpang,” tambah Dendi.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    FacebookInstagramYoutube